Thursday, June 5, 2008

Utak-atik Hardware Komputer

Pengguna komputer pada awalnya adalah orang-orang yang memiliki hobby mengutak-atik hardware, seperti penggemar radio amatir atau rangkaian elektronika. Altair, komputer personal yang pertama, pun dijual dalam bentuk kit yang harus dirangkai sendiri. Saya sendiri memiliki latar belakang pendidikan bidang elektronika, jadi sedikit suka ngoprek hardware meskipun sekarang sudah jarang saya lakukan. Berikut ini sedikit cerita tentang ngoprek hardware.

Komputer yang kali pertama saya miliki adalah komputer Apple. Komputer ini memiliki hardware yang agak terbuka sehingga bisa diutak-atik. Salah satu eksperimen yang saya lakukan adalah membongkar joystiknya. Ternyata di dalamnya hanya ada dua resitor variabel yang nilai resitansinya bergantung kepada posisi dari gagang joystik. Dua resistor tersebut memberikan informasi sumbu X dan Y. Iseng-iseng salah satu resistor tersebut saya paralel dengan sebuah LDR (Light Dependent Resistor), yaitu resistor yang nilai resistansinya bergantung kepada sinar yang dia tangkap. Kalau kena cahaya, nilai resistansinya menjadi berkurang sehingga hasil paralel kedua resistor tersebut membuat nilai gabungannya menjadi berkurang.

Kemudian saya membuat sebuah program sederhana yang membaca nilai koordinat joystik secara berkala—waktu itu dengan menggunakan bahasa BASIC. Saya catat nilai-nilai yang muncul jika LDR terkena cahaya dan jika tidak. Saya ubah program ini untuk mencatat waktu ketika LDR terkena cahaya. Komputer saya simpan di kamar saya yang saya gelapkan. Jika ada orang masuk ke kamar, komputer akan mencatat kapan waktunya dan meyimpan data dalam disket. Jelas program ini tidak secanggih program yang digunaka oleh James Bond atau detektif lainnya, tapi bagi seorang mahasiswa yang baru belajar komputer rasanya hebat banget.

0 comments: