Thursday, June 5, 2008

Peningkatan Kapabilitas Internet Explorer 8

Pada hari Kamis yang lalu, di Seattle, Microsoft memberikan keterangan sekilas pandang mengenai uji coba versi terbaru browser terbarunya, Internet Explorer 8. Lebih lanjut dari pihak Microsoft memaparkan bahwa Internet Explorer 8 menyajikan beberapa feature standart yang sama dengan program milik para kompetitornya seperti Firefox, Safari dan Netscape. Feature ini tentu saja meningkatkan kapabilitas standart Internet Explorer dalam menyajikan tampilan halaman web.

Seperti yang diketahui selama ini browser Microsoft telah mendominasi pangsa pemakaian browser dunia. Bahkan browser Internet Explorer dari Microsoft ini pula yang menjadi standart browser yang ditetapkan W3C (World Wide Web Consortium). Dalam banyak hal, Microsoft telah diuntungkan browser Internet Explorer-nya, mulai dari dominasi yang didapatkan, hingga system penanganan coding Web page IE yang berbeda jika dibandingkan dengan Mozilla Corp.'s Firefox, Apple Inc.'s Safari, Netscape Navigator dan lain sebagainya.
Dalam banyak hal, walaupun kebanyakan browser di luar Microsoft dan para developer-nya telah setuju untuk membuat browser sesuai dengan technical standart yang ditetapkan, namun pada saat Microsoft sebagai pihak yang berhak atas standart tersebut kemudian memutuskan untuk menambahkan beberapa baris coding di dalamnya, maka hasilnya akan membuat halaman sebuah web nampak berbeda pada browser Microsoft dan browser non-Microsoft. Hasilnya adalah sebuah halaman web mungkin akan nampak baik di Internet Explorer yang merupakan browser Microsoft, namun kemudian akan nampak kacau jika dilihat pada browser non-Microsoft, begitu pula sebaliknya.

Pada konferensi para web developer yang diadakan di Las Vegas Rabu yang lalu, Dean Hachamovitch, General Manager Microsoft untuk divisi Internet Explorer berjanji akan memperbaiki system standart tersebut dan akan berupaya untuk lebih baik.

Hachamovitch juga menceritakan bahwa pada saat awal peluncuran Internet Explorer 7 dalam beberapa hari, anaknya pernah bertanya kepadanya, “Ayah, apakah engkau orang yang membuat halaman web ini kacau?”. Dan seringkali dengan jujur Hachamovitch menjawab, “Tidak, bukan ayah, tapi mungkin para developer bisa menjawabnya”. Tentu saja cerita Hachamovitch ini mengundang tawa para peserta konferensi. Diakui Hachamovitch, hal tersebut telah membuat para developer harus bekerja dua kali untuk menyesuaikan hasil tampilan halaman web yang dibuat pada browser yang berbeda-beda.

Dari pihak Microsoft menjanjikan bahwa pada saat browser terbaru mereka Internet Explorer 8 selesai dikerjakan, browser ini akan mendukung versi-versi standart industry dari coding program browser-browser yang ada, termasuk di dalamnya dukungan default terhadap CSS 2.1. Keputusan Microsoft ini sekaligus akan menghindarkan Microsoft dari tuduhan komisi antitrust Eropa.

0 comments: